OKE Blog Web

Aneka info yang inspiratif

powerd by Unagiimo Project

Perkembangan Seni Kontemporer di Indonesia

Kategori │Seni Budaya



Seni kontemporer bukanlah hal yang baru di Indonesia. Aliran seni ini pertama kali dikenal pada medio tahun 70an. Tokoh yang berjasa memperkenalkan seni kontemporer di Indonesia adalah Sidharta Soegijo, seorang seniman patung asal Yogyakarta. Kala itu Sidharta menggunakan nama kontemporer untuk menamai salah satu karya patungnya. Karya karya patung beliau cukup banyak yang terkenal, antara lain patung Tangisan Dewi Betari dan Tonggak Samudera.

Seni kontemporer memiliki beberapa perbedaan dibanding aliran seni lainnya. Karya seni yang tergolong dalam seni kontemporer cenderung lebih bebas dan tak terikat pakem aturan kesenian zaman dahulu. Karya seni kontemporer juga lebih ekspresif dalam membingkai hal hal yang dekat dengan keseharian manusia modern.

Karya seni kontemporer memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dari aliran seni era sebelumnya. Karya karya dalam aliran ini tampak lebih berani dan out of the box. Karya patung misalnya, tak melulu terbuat dari tanah liat atau hasil pahatan. Beragam properti bisa dijadikan patung dan mencerminkan keunikan pola pikir seniman yang membuatnya. Belakangan, seni kontemporer bahkan marak dijadikan alat untuk melakukan kritik sosial.

Keunikan dan kebebasan yang dimiliki oleh karya seni yang termasuk dalam aliran seni kontemporer membuatnya lebih banyak dilirik, baik oleh penikmat seni usia millenial maupun oleh media. Tampilannya yang estetik tentu saja menjadi sumber pemberitaan yang menjual.

Perkembangan seni kontemporer di Indonesia sendiri cukup baik. Indonesia memiliki beberapa seniman kontemporer kenamaan yang namanya sudah cukup dikenal luas. Sebut saja Wayan Nuarta dan Dipo Andi. Beberapa dari karya mereka bahkan telah melanglang buana dipamerkan di negara lain.

Seni kontemporer di Indonesia dengan mudah ditemukan di contemporary art gallery. Salah satu contemporary art gallery yang koleksi karyanya cukup fantastis adalah Edwin’s Gallery. Contemporary art gallery ini menampilkan karya dari dalam dan luar negeri. Seperti lazimnya sebuah art gallery, di sana juga terdapat sebuah bengkel pengerjaan yang dihuni oleh ide ide cemerlang para seniman kontemporer. Pengunjung dapat menikmati koleksi di galeri ini secara gratis.


  • Artikel (Seni Budaya)dari kategori yang sama

    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Perkembangan Seni Kontemporer di Indonesia
      Komentar(0)